Selasa, 12 Januari 2016

ROMANTISME MENUJU PUNCAK GUNUNG MERAPI

Posted by travelling on Selasa, 12 Januari 2016

Perjalanan merupakan salah satu proses untuk menggapai sesuatu, dimana dalam proses tersebut seseorang akan ditempa melalui banyak hal, kesabaran menghadapi situasi, keuletan dalam bertahan di segala kondisi serta kreatifitas mengambil keputusan disaat penentuan.  Sebuah goal adalah bonus dari sebuah proses yang telah dilalui dengan konsisten.  Mungkin terlalu berlebihan dalam mengungkapkan hal tersebut akan tetapi itulah yang kami rasakan, bukan ketika kami mencapai puncak tapi ketika kami berusaha mencapai puncak.

--ooOoo--

Kisah ini bermula dari rencana untuk menutup akhir tahun dengan pendakian ke Gunung Merapi – Jawa Tengah.  Beranggotakan 10 orang yg terbagi menjadi 2 kelompok, 6 orang dari Jakarta termasuk saya dan 4 orang lagi dari Magelang, rencana kita akan bertemu di basecamp New Selo yang merupakan tempat dimulainya pendakian ke puncak Merapi.

Tgl 23 Des 2015 tepatnya hari Rabu rombongan dari Jakarta berkumpul di Terminal Kampung Rambutan, dari rencana awal kumpul pukul 20:00 karena ada sesuatu hal biasalah jadi molor sampai pukul 21:00 baru pada ngumpul.  Namanya liburan di semua terminal pasti penuh, bukan Cuma penumpang yang mau mudik akan tetapi para pendaki juga meramaikan suasana, entah karena semrawut atau apa akhirnya tiket yang sudah kita pesan beberapa hari yang lalu ternyata melalui calo yang gak jelas, akhirnya terpaksa kami tambah biaya untuk memperoleh bis jurusan Jakarta – Boyolali dengan fasilitas ala kadarnya, yah lumayanlah yang penting berangkat.
Jam 22.00 bisnya baru nongol… ya ampun kondisi bisnya sungguh memprihatinkan, tapi mau nolak bagaimana karena pendaki lain sudah pada berebut, akhirnya dengan berat hati naik bis tersebut sambal mencoba menikmati.  Bis mulai berangkat melegakan kami yang sudah berjam-jam terjebak di terminal Kampung Rambutan.  Ternyata kejadian itu baru sebuah awal-awal dari perjalanan romantisme ini karena masih ada kejadian-kejadian yang membuat kami gemes dengan bis ini.

Jam 06.00 tanggal 24/12/15 baru sampai tol cikarang karena bisnya mogok sampai 2 kali dan kemacetan di dalam tol yang luar biasa tak terhindar,si sopirpun bingung sampai kabur tak di ketahui,sementara si kondektur di tahan dan di bawa ke kepolisian oleh seorang penumpang bis tersbt utk di minta pertanggung jawaban dan sebagai saksi.  Kami sempat berfikir utk kembali pulang,tp kami pun mengurungkan niatnya.  Sementara penumpang berhamburan mencari angkutan masing2 di tengah tol,kami tetep berdiskusi sampai akhirnya jam 10.00 24/12/15 tim kami dapat tumpangan sebuah truk yg hendak pulang menuju ke Banjar / Wonosobo.  Alhamdulillah truknya habis bawa durian msh ada sisa untuk sarapan tim kami hahay...ada bonusnya,(sopirpun menawarkan durian trsbt).  Lumayan dengan membayar Rp.100.000,- per orang dapat bonus durian.

Sampai Banjar sekitar jam 04:00 pagi tgl 25 Des 2015, istirahat sebentar di sebuah pom bensin untuk menunaikan sholat shubuh.  Kita tidak mau buang-buang waktu selesai sholat subuh segera melanjutkan perjalanan menuju Basecamp New Selo dengan mencarter minibus.  Sampai di basecamp jam 10.00 jumat 25/12/15 dan bertemu dengan teman-teman dari Magelang yang dengan setia menunggu di basecamp dari hari kamis kemarin, sempet terharu dan berlinang air mata melihat keempat teman dari Magelang mau menunggu 24 jam lebih, mungkin ini sebagian yg dinamakan PUNCAK BUKAN SEGALANYA TAPI KEBERSAMAAN YANG TERUTAMA (dalam hati)..he ee

Setelah makan siang dan istirahat kami melakukan pendakian yg niatnya sih ngecamp tapi karena kita sudah kelamaan di jalan apa boleh buat haha...kami pun tektok.  Alhamdulillah dalam pendakian lancar tanpa halangan apapun.  Jam 16:30 kita sudah sampai Pasar Bubrah yang merupakan pos terakhir dan melanjutkan perjalanan menuju puncak, kira-kira jam 18:00 kita sudah sampai puncak dan menikmati sunset di puncak Merapi.

Setelah setengah jam kita menikmati indahnya puncak Merapi di senja hari, kemudian langsung turun agar tidak kemalaman di puncak, kira-kira jam 22:00 kita sudah sampai basecamp,mungkin karena kelelahan kamipun istirahat dan makan sampai semua tertidur hanya beralaskan matras,sleeping bag pun tak kepakai,seni pendaki hahaa...sampai pagi tgl 26/12/15, karena masih lelah di lanjut istirahat di kota Magelang di tempat temen saya yg 4 orang, berbagai suguhan pun tak lupa dia kluarkan sambil nyari-nyari bis utk pulang ke Jakarta, ternyata tiket bispun sudah habis terjual,sambil mikir msh trauma naik bis kayaknya wkwkwkk...
Tgl 27/12/15 malam kami langsung menuju terminal Wonosobo di anter 4 orang temen saya tersebut dari Magelang, sesampainya di terminal Wonosobo ternyata banyak yg senasib...akhirnya kamipun menunggu bis paling pagi jam 07:00.  Alhamdulillah kami dapat pulang dgn selamat sampai Jakarta kurang lebihnya pukul 21:00 hari Senin 28/12/15.
Sedikit cerita sedikit tragedi menjadi memory manis ketika di kenang...
Itulah cerita singkat perjalanan kita ke gunung Merapi, mudah-mudahan bisa diambil hikmahnya.